Apa Itu Diabetes, Pengertian Diabetes Penyebab dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Diabetes, Pengertian Diabetes Penyebab dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Diabetes, Pengertian Diabetes Penyebab dan Cara Pencegahannya

Diabetes itu Apa?

Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung jangka panjang atau sering kita sebut dengan penyakit kronis, yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh di atas angka normal. Diabetes sendiri ada dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabates digolongkan penyakit degenerative  (kronis) yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh di atas angka normal. Dahulu diabetes dianggap sebagai penyakit yang diturunkan dengan sebutan diabetes type 1, sekarang  type ini masuk dalam daftar penyakit autoimun. Sedangkan diabetes type 2  adalah diabetes yang didapat, karena budaya makan yang salah (malnutrisi).

Apa yang Menyebabkan Penyakit Diabetes?

Penyakit diabetes disebabkan oleh adanya gangguan dalam tubuh yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi hormone insulin dan menggunakan glukosa darah ke dalam sel, hal inilah yang menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah.

Untuk diabetes tipe 1, penyakit diabetes yang satu ini dapat disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi hormone insulin. Sedangkan untuk diabetes tipe 2, disebabkan oleh kurang efektifnya tubuh dalam menggunakan hormone insulin atau kekurangan hormone insulin jika dibandingkan dengan kadar gula yang beredar dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi inilah yang menjadi penyebab kerusakan pembuluh darah kecil pada sistem saraf, mata, ginjal, bahkan jantung yang mengakibatkan berbagai macam komplikasi.

Faktor resiko untuk masing-masing tipe diabetes pun berbeda. Untuk diabetes tipe 1 faktor resikonya antara lain:

•      Faktor keturunan atau riwayat keluarga, pada faktor ini seseorang akan lebih beresiko terkena diabetes tipe 1 jika ada anggota keluarga yang mengidap penyakit yang sama karena memiliki persamaan gen.

•      Faktor usia, untuk diabetes tipe 1 sendiri paling banyak ditemukan pada anak-anak berusia 4-7 tahun serta anak-anak direntang usia 10-14 tahun dan sering disebut Juvenille diabetes.

•      Faktor geografi, seseorang yang tinggal jauh dari daerah khatulistiwa seperti misalnya Finlandia dan Sardinia, memiliki resiko lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 1. Hal ini dikarenakan kurangnya vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari sehingga memicu penyakit autoimun.

•      Faktor pemicu lain, beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan diabetes tipe 1 diantaranya adalah mengonsumsi susu sapi pada usia terlalu dini, mengonsumsi air yang mengandung natrium nitrat, gluten, dan sereal sebelum usia 4 bulan atau setelah 7 bulan, menderita penyakit kuning saat lahir, serta memiliki ibu dengan riwayat penyakit preeklampsia.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2, faktor resiko pemicunya diantaranya adalah:

  • Riwayat penyakit diabetes tipe 2 pada keluarga,
  • Tingginya distribusi lemak perut,
  • Usia di atas 45 tahun,
  • Riwayat diabetes saat hamil,
  • Wanita dengan sindrom ovarium polikistik,
  • Gaya hidup jarang berolahraga,
  • Obesitas, dan
  • Kondisi pradiabetes

Apa Saja Gejala yang Dialami?

Umumnya, diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki gejala yang sama antara lain seperti rasa lapar yang terus menerus, mudah dan sering merasa haus, berat badan turun tanpa sebab jelas, frekuensi buang air kecil meningkat terutama di malam hari, mudah lemas dan lelah, luka lama sembuh, pandangan mengabur, infeksi pada kulit seperti pada saluran kemih, vagina, atau gusi.

Bagaimana Cara Mengelola Diabetes?

Untuk masing-masing tipe diabetes memiliki cara pengobatan yang berbeda. Untuk diabetes tipe 1 cara pengobatannya antara lain:

• Menjalani pola makan sehat dengan olahraga teratur untuk membantu menjaga kadar gula darah.

•   Memeriksakan mata dan merawat kaki secara berkala untuk mencegah terjadinya komplikasi.

•   Pemberian hormone insulin untuk mengontrol glukosa darah dengan cara disuntikkan pada lapisan bawah kulit sebanyak 3-4 kali sehari sesuai dengan anjuran dari dokter.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2, cara pengelolaannya adalah dengan pemberian obat-obatan diabetes di bawah pengawasan dokter dan melakukan perubahan pola hidup sehat seperti meningkatkan konsumsi makanan tinggi serat, menghindari atau berhenti merokok, menghindari makanan yang mengandung glukosa dan lemak tinggi, menjaga kesehatan kaki dan mencegah kaki terluka, menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal, rutin berolahraga minimal 3 kali seminggu, menghindari atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, dan memeriksa kondisi kesehatan mata secara rutin.

Bagaimana Cara Pencegahan Diabetes?

Penyakit diabetes tentu saja dapat dicegah, adapun cara pencegahannya berbeda untuk masing-masing tipe. Untuk diabetes tipe 1 cara pencegahannya yaitu dengan menjalani pengobatan intensif jika ada anggota keluarga yang mengidap diabetes tipe 1 dan melakukan tes DNA untuk mengetahui adakah gen dalam diri kita yang menjadi gen pembawa penyakit diabetes tipe 1.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2, langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat seperti banyak mengonsumsi tinggi serat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal dan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, mengurangi waktu duduk yang terlalu lama, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, serta menghindari atau berhenti merokok. Tidak hanya itu, lengkapi juga dengan mengonsumsi Synergy Colostrum.

Synergy Colostrum merupakan suplemen yang terbuat dari bovine colostrum atau kolostrum sapi yang memiliki faktor imun 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kolostrum pada manusia. Kolostrum sendiri merupakan cairan pra-susu yang dihasilkan pada waktu 24-48 jam pertama pasca melahirkan yang berguna untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan 90 bahan bioaktif alami dalam kolostrum dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah dan mengurangi kebutuhan insulin, serta membantu meningkatkan metabolisme lemak tubuh. Manfaat lainnya dari kolostrum dalam Synergy Colostrum adalah membantu mempercepat penyembuhan luka dan regenerasi sel, membantu meningkatkan konsenterasi, membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, tulang, dan gigi, serta berbagai manfaat baik lainnya untuk tubuh.

Apa Itu Diabetes, Pengertian Diabetes Penyebab dan Cara Pencegahannya

Bisa Order Disini : 087878211823

Yuk terapkan pola hidup sehat dari sekarang, karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap sehat, semangat, dan bahagia selalu!

Sumber dari : https://synergybizcenter.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button