Protein Kurang, Kekebalan Tubuh Menurun BAHAYA

Protein Kurang, Kekebalan Tubuh Menurun BAHAYA

Protein Kurang, Kekebalan Tubuh Menurun BAHAYA

Fungsi protein sangat berguna bagi kekebalan tubuh. Sebab, jika kita kekurangan protein tidak hanya menyebabkan munculnya rasa lapar, lelah, dan lemas melainkan juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun.

Protein memiliki tugas untuk membentuk antibodi yang bermanfaat untuk mencegah tubuh kita terserang penyakit dan infeksi. Begitu menghasilkan antibodi untuk melawan bakteri atau virus tertentu, sel tubuh akan selalu bisa merespons dengan cepat, apabila bakteri atau virus yang sama, kembali menyerang di waktu setelahnya. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit yang pernah terpapar tersebut.

Sekitar 20% dari tubuh manusia terbentuk dari protein. Karena protein tidak disimpan di dalam tubuh, maka Anda perlu untuk mencukupi asupan protein setiap hari agar tidak berdampak negatif pada kesehatan tubuh tersebut. Yang perlu dipahami, kebutuhan protein harian setiap orang berbeda-beda – tergantung pada berat badan dan jenis aktivitas yang dijalani sehari-hari.

Secara umum kebutuhan protein orang dewasa adalah 0.8 – 1 gram per kg berat badan per hari, dengan syarat nilai gizi proteinnya tinggi, umumnya dari protein hewani. Misalnya berat badan Anda 60 kg, maka Anda membutuhkan 48 -60 gram protein sehari. Protein bisa didapatkan dari sumber hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, dan sumber protein nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Bila Anda menginginkan sumber protein berkualitas tinggi, mudah diserap, tidak mengandung kolesterol ataupun lemak yang tinggi seperti yang umum dijumpai pada sumber protein hewani olahan, Anda bisa mencoba whey protein, yang diketahui mempunyai nilai biologis tinggi. Nilai biologis atau Biological Value (BV) adalah cara mengukur kualitas suatu protein berdasarkan kemampuan tubuh dalam menyerap protein tersebut. Secara sederhana, BV adalah presentase protein yang dapat diserap oleh tubuh. Nilai BV yang baik adalah 70-100. Journal of Sports Science and Medicine mencatat nilai biologis protein telur adalah 100, susu adalah 91, sedangankan whey protein nilai BVnya adalah 104. Whey protein bisa didapat dari Synergy Maximum Protein, yang dalam 2 sendok takar mengandung 22 gram protein.

Bagaimana, sudah cukupkah asupan protein Anda hari ini?

Protein Kurang, Kekebalan Tubuh Menurun BAHAYA

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button