WASPADA SIM Card Take Over Dengan Upgrade SIM

Saat ini internet banking atau mobile banking sudah menjadi kebutuhan yaa. apalagi semacam olshop (online shopping) sudah menjamur, pastinya fasilitas inet banking tsb useful banget.

Tapi kita harus hati-hati yaa…karena ada semacam SIM Card Take Over. Pagi ini saya dapat email dari BANK Swasta yang saya gunakan. Infonya bagus nih :

WASPADA SIM CARD Take Over

 

Apa yang dimaksud dengan SIM CARD TAKE OVER?

SIM CARD TAKE OVER (ambil alih kartu SIM ponsel) merupakan proses pengambil-alihan nomor Handphone Anda oleh pelaku kejahatan untuk mengakses akun perbankan Anda dan bertransaksi dengan kode otentikasi yang dikirim ke nomor Handphone Anda.

 

Bagaimana SIM CARD Take Over dilakukan?

  • Pelaku kejahatan yang biasanya sudah memiliki informasi personal milik korban menghubungi korban dengan beragam modus seperti pengkinian data, upgrade SIM Card 3G ke 4G, program hadiah, atau modus lainnya.

MODUS TERBARU saat ini adalah dengan mengatasnamakan petugas provider Telekomunikasi untuk menawarkan upgrade SIM Card 3G ke SIM Card 4G.

  • Pelaku kejahatan kemudian melakukan pergantian SIM Card milik korban dengan cara mendatangi cabang operator selular atau cara lainnya seperti upgrade ke SIM Card 4G. Nomor Handphone pada SIM Card lama akan dimigrasikan ke SIM Card baru yang dimiliki oleh pelaku kejahatan (proses ini disebut SIM Card Take Over / SIM CARD Hi-jack).
  • Pelaku kejahatan dapat mengakses layanan perbankan yang melekat pada nomor handphone tersebut dan melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan kode verifikasi transaksi (SMS Token/SMS Banking) yang dikirimkan ke nomor handphone korban yang telah diduplikat oleh pelaku.

 

Tips Keamanan untuk Anda :

  • WASPADA terhadap berbagai penawaran berkedok pengkinian data, upgrade SIM Card, program hadiah, penjualan kendaraan di Toko Online, program santunan sosial, upgrade sistem keamanan Internet Banking, dan berbagai bentuk program lainnya yang mengatasnamakan Bank atau perusahaan telekomunikasi. Pada akhirnya pelaku kejahatan akan meminta keterangan /data pribadi pada KTP, Nomor HP, informasi penting pada Kartu ATM / rekening bank dan akses layanan perbankan Anda.
  • Sebaiknya tidak mempublikasikan nomor handphone Anda pada sosial media.
  • Jika ada hal yang TIDAK WAJAR pada layanan perbankan Anda, HENTIKAN Transaksi dan KONFIRMASI ke Bank.
  • Jika ada hal yang TIDAK WAJAR pada SIM CARD Anda, segera lakukan KONFIRMASI ke Operator Selular.
  • Jaga kerahasiaan informasi PIN / User ID / Password / TIN,  informasi pribadi, serta informasi rahasia lainnya yang melekat pada akun perbankan serta pada SIM CARD Anda.
  • Segera ubah/ganti Password /PIN/TIN layanan perbankan Anda (Internet Banking/Mobile Banking/SMS Banking Anda) setelah menemukan kondisi yang tidak wajar/tidak biasa/mencurigakan.
  • Selalu menghubungi / melaporkan temuan kecurigaan kepada Operator Selular atau Bank Anda menggunakan nomor telepon yang resmi.

Semoga artikel tersebut bisa jadi tips nih untuk kita yang sering bertransaksi lewat e-banking.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat
KLIK DISINI >> Untuk Dapet TUTORIAL GRATIS
WASPADA SIM Card Take Over Dengan Upgrade SIM
Solusi Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *