Oow Seram… Buaya muara atau crocodylus porosus tertangkap kamera dikarang tempat anak-anak bermain.

Oow Seram… Buaya muara atau crocodylus porosus tertangkap kamera dikarang tempat anak-anak bermain.

Oow Seram... Buaya muara atau crocodylus porosus tertangkap kamera.

Buaya muara atau crocodylus porosus tertangkap kamera saat berjemur di atas karang di Taman Jaya, dekat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Pandeglang. Buaya diperkirakan berukuran 3 meter lebih tersebut terlihat tenang sambil memejamkan mata.

Menurutnya, buaya yang ia temukan berjemur sangat dekat ke pinggir pantai. Bahkan di lokasi tersebut kadang digunakan untuk anak-anak berenang dan bermain.

Namun, ia mengatakan bagi warga sekitar Taman Jaya, buaya memang sering terlihat keluar dari muara. Mereka kadang melihat buaya berjemur di atas-atas karang dan dianggap sebagai hal yang lumrah. Oow Seram… Buaya muara atau crocodylus porosus tertangkap kamera dikarang tempat anak-anak bermain.

Di samping itu, di kawasan TNUK dan di daerah perbatasannya memang banyak sekali muara yang biasa menjadi habitat buaya. Lokasi yang terdekat misalnya muara Cibenoa, Cikaung, dan muara Taman Jaya.

Namun, ia memperkirakan seringnya buaya keluar dari areal muara bisa saja disebabkan terganggunya habitat buaya. Meskipun belum ada analisis terkait kondisi muara di sepanjang kawasan Ujung Kulon.

“Ini belum kita analisa, bisa saya sumber pakan di muara yang menyusut. Ketika melihat seperti ini, apakah ini dampak kerusakan alam sehingga keluar sarang,” katanya.

Seingatnya, terakhir ada korban jiwa terkait buaya di daerah TNUK terjadi pada 2007 lalu. Saat itu, seorang warga Taman Jaya menjadi korban diterkam buaya yang muncul dari muara Cibenoa.

Setelah itu, menurutnya tak pernah ada lagi korban jiwa meskipun bagi warga di sana, pemandangan buaya berjemur di pinggir pantai merupakan hal biasa.

sumber dari Detik com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *